YXGK Math Lab Serpong, Solusi Berhitung Praktis

Mindset orang terhadap Matematika : Pelajaran paling sulit sedunia

Saya adalah seorang ibu rumah tangga berusia 38 tahun. Memiliki seorang anak perempuan bernama Angel yang berusia 7 tahun. Saat ini anak saya bersekolah di sebuah sekolah swasta di daerah BSD. Tulisan ini adalah sekedar untuk berbagi dengan para ibu lainnya yang juga memiliki anak dengan masalah yang sama seperti saya.

Angel adalah anak yang riang dan lincah, malah terkadang tidak bisa diam. Dia selalu excited terhadap hal-hal berbau fisik, oleh karena itu tidak heran jika dirinya berhasil memenangkan kejuaraan renang tingkat SD se-Tangerang Selatan. Namun apa yang mengusik saya adalah  prestasi akademisnya. Angel sangat memiliki kekurangan di bidang akademis terutama Matematika.

Pada awalnya saya sempat stress melihat Angel yang selalu murung karena mendapat nilai jelek ketika ulangan. Masalahnya Angel bukannya malas, saya tau dirinya telah berusaha keras. Kondisi nilai-nilainya yang tak kunjung membaik membuat saya mendaftarkan Angel ke salah satu tempat kursus matematika di YXGK Math Lab Serpong, Tangerang Selatan.

Juara Renang Se-Tangerang Yang Tak Bisa Matematika

 

Mindset orang terhadap Matematika : Pelajaran paling sulit sedunia

Mindset orang terhadap Matematika : Pelajaran paling sulit sedunia

Permasalahan ini membuat saya dilema. Bagaimana tidak? Seorang anak perempuan biasanya unggul di bidang akademis dibanding laki-laki. Tetapi mengapa Angel justru sebaliknya? Pernah suatu ketika saya sedang mengadakan pertemuan dengan perkumpulan orang tua murid di salah satu mall di bilangan BSD. Itu pertama kali saya mengalami yang namanya disindir secara berjamaah.

Iya disindir secara berjamaah, masing-masing orang tua murid membanggakan nilai anak-anak mereka di bidang akademis. Ada yang pamer nilai, pamer prestasi, bahkan sampai pamer tempat les mahal. Saya yang tau batas kemampuan anak saya (Angel) hanya bisa tersenyum getir. Saat itulah mulai mengalir sindiran-sindiran halus namun pedas khas ibu-ibu.

“Mama Angel kok diam aja?” tanya salah satu orang tua murid,

“Eh, iya gak apa-apa bu. Anak-anak jaman sekarang pintar-pintar yah bu, masih kecil prestasinya sudah banyak,” jawab saya,

“Iya dong, namanya anak perempuan mah harus pinter pelajaran. Kalo pinter olahraga mah urusan anak laki. Si Angel gimana nilainya bu?” tambah si ibu ember.

Mendengar kalimat tersebut saya hanya bisa terdiam lalu pamit pulang duluan. Saya tidak menyangka jika masih ada yang memperlakukan anak dengan beda hanya karena nilai pelajarannya saja.

YXGK Math Lab Serpong Penyelamat Nilai Matematika Angel

YXGK Math Lab Serpong

YXGK Math Lab Serpong

Saya pun akhirnya memikirkan solusi yang tepat untuk Angel. Sebenarnya keputusan saya ini agak egois mengingat niat saya adalah untuk membuktikan kepada orang tua murid yang lain. Saya berniat untuk membuktikan jika Angel juka mampu meraih nilai bagus seperti anak-anak mereka, seperti anak-anak yang lain.

Sempat kesulitan mencari tempat kursus yang sesuai, akhirnya saya mendaratkan pilihan saya pada YXGK Math Lab Serpong. Saya memilih ini awalnya memang karena ini yang paling dekat dengan rumah kami (dan lumayan murah juga :p). Akhirnya saya mencoba datang untuk melakukan konsultasi, dan hasil konsultasi tersebut cukup menampar saya.

Pada awalnya saya benar-benar berharap pihak YXGK Math Lab Serpong untuk mem-push Angel agar menguasai Matematika. Namun pihak tempat kursus tersebut malah menyatakan, “Ibu, Angel tidak akan pernah bisa menguasai Matematika jika dari ibu masi seperti ini. Di sini kami tidak mengajarkan anak untuk menguasai matematika, tapi untuk mencintai matematika.”

“Sikap ibu yang menekan Angel seperti tadi, tidak akan banyak membantu, malah justru akan menghancurkan mental Angel. Bagaimana Angel bisa menguasai matematika jika ibu menyiratkan matematika tersebut sebagai mata pelajaran sulit dan horor seperti itu?” tambah mereka.

“Ibu hanya perlu percaya pada Angel, kami hanya perantara di sini.” lanjut mereka.

Saya pun hanya terdiam, tidak menyangka bahwa masih ada tempat kursus yang tidak mengutamakan uang semata. Melainkan juga perkembangan kepribadian anak itu sendiri. Kesimpulannya, sampai saat ini saya masih menganggap YXGK Math Lab Serpong sebagai tempat kursus matematika terbaik se-Tangerang Selatan.