Kursus Dance Kpop di Sekitar BSD

Demam Hallyu atau Korean Wave memang tengah menjangkit di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Berbagai orang dari beragam lapisan masyarakat seakan terobsesi dengan segala hal yang berbau korea, mulai dari drama, film, lagu, kuliner, kebudayaan dan tentu saja tarian atau dance kpop.

Dari fenomena membludaknya para Kpop-ers ini, akhirnya terbentuklah komunitas para pecinta Korea yang tersebar di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Serpong. Berbagai komunitas tersebut biasanya memiliki titik fokus apakah mereka memfokuskan diri ke kuliner, musik, dance atau lainnya.

Dan yang kini sedang diminati yaitu komunitas dance kpop. Tidak hanya di ibukota, bahkan komunitas ini juga telah mencapai wilayah berkembang seperti Serpong, BSD, Alam Sutera dan sekitarnya. Komunitas dance ini tidaklah hanya memfasilitasi bagi para penggemar dance kpop saja. Namun ada juga beberapa yang membuka kelas kursus dance kpop.

Fenomena Cover Dance Kpop

Belajar Dance Kpop

Belajar Dance Cover Kpop

Jaman sekarang, menari modern dance tidak hanya terpaku dengan menciptakan gerakan baru yang orisinil. Gerakan tarian yang sudah ada pun kerap dibawakan kembali atau biasa kita kenal dengan Cover dance. Begitu juga dengan Dance Kpop ini, sekarang cukup banyak yang membawakan cover dance kpop ini. Berikut adalah dance crew yang terkenal sering cover:

  • Boys Bitches
    Boys Bitches merupakan salah satu grup cover dance yang mengusung konsep androgini. Terdiri dari empat personil pria, mereka sering sekali meng-cover dance dari girl group Black Pink. Boys Bitches juga menjadi salah satu finalis yang bakal meramaikan kompetisi dance cover di Dreamers Festival 2017.
  • SN Boy
    Grup yang bernama asli Super Nimble Boys ini merupakan salah satu grup yang sudah malang melintang cukup lama di dunia per-dance cover-an. SN Boys terjun di dunia ini sejak 2011 dan mereka kerap kali meng-cover dance dari Super Junior.
  • Poison
    Meskipun pria, grup dance cover asal Bandung ini sukses mencuri perhatian lewat tampilannya dengan konsep androgini. Poison yang telah terbentuk sejak lima tahun lalu ini memang memilih untuk meng-cover dance girl group seperti Raina, SNSD, Sistar, hingga AOA.
  • Playcrew
    Playcrew termasuk grup dance cover yang terbilang unik karena ‘fleksibilitasnya’. Dalam artian, mereka tak terpaku pada satu grup saja. Memiliki banyak personil pria dan wanita, mereka memiliki style tersendiri dalam meng-cover dance dari sebuah grup.

Mengapa Sebaiknya Ikut Komunitas?

Berlatih gerakan dance kpop bersama teman komunitas

Berlatih gerakan dance kpop bersama teman komunitas

Banyak yang bertannya mengapa sebaiknya kita mengikuti komunitas jika kita memiliki minat terhadap hallyu atau korean wave. Sebenarnya tidak ada keharusan bagi kita untuk bergabung, hanya saja dengan masuk ke dalam suatu komunitas kita akan mendapat banyak teman yang memiliki kesamaan dengan kita.

Apalagi demam kpop seperti ini, meskipun banyak orang yang menyukai budaya kpop, namun bukan berarti semua memiliki kesukaan yang sama. Ada mungkin beberapa yang hanya menyukai drama saja tanpa menyukai lagu dan tarian kpop. Atau mungkin ada yang hanya menyukai kuliner dan budaya tradisional korea saja tanpa menyukai kpop.

Dengan mengikuti sebuah komunitas, kita jadi bisa berbagi kesenangan dengan orag yang tepat. Orang yang memiliki kesamaan dalam hal kesukaan di bidang hallyu atau korean wave. Belum  lagi informasi tentang event-event terdekat bahkan sampai bocoran info konser idola kita terkadang juga bisa kita dapatkan di komunitas.

Jadi, belajar dance tidak hanya selalu di lembaga pendidikan formal saja. Dengan mengikuti komunitas pun kita bisa mengembangkan minat dan bakat kita di bidang dance, khususnya dance kpop.